Friday, 20 November 2015

PROFIL ENGLISH TEACHING INSTITUTE PAPUA

1. Latar Belakang

            Kemampuan berbahasa Inggris hari ini telah menjadi suatu kecakapan yang dibutuhkan memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas baik ditingkat ASEAN, Asia Pasifik maupun di dunia. Untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi maka seseorang harus memiliki kemampuan berbahasasa Inggris yang baik sehingga mampu mengakses dan mempelajari berbagai referensi yang sebagian besar tertulis dalam bahasa Inggris.
            Walaupun secara nasional Pemerintah telah menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yang menjadi pengantar belajar dan materi ajar di jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi dan telah menjadi standar kecakapan khusus untuk mereka yang ingin melanjutkan studi master dan doktor namun dalam penerapan dan aplikasinya di kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari ternyata bahasa Inggris masih tetap menjadi bahasa asing karena 85% rakyat Indonesia masih sangat terbatas pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris.
            Di Papua bahasa Inggris masih menjadi bahasa yang asing sekali, dimana penggunaan bahasa Inggris masih sangat terbatas hanya di sekolah-sekolah dan di instansi pemerintah itupun oleh perseorangan yang memang memiliki minat dan keinginan kuat untuk mempelajarinya atau bagi mereka yang ingin belajar ke luar negeri atau berkunjung ke luar negeri dalam rangka pekerjaan atau untuk kepentingan pribadi lainnya. Jarang sekali kita menemukan situasi dimana bahasa Inggris secara intensif dipakai dalam lingkungan kerja atau sekolah atau kalangan masyarakat umum.
            Di era globalisasi dan menuju era keterbukaan informasi, bahasa Inggris akan menjadi trend kebutuhan gaya hidup dimana itu akan menjadi salah satu syarat penting baik dalam dunia komunikasi, akademik maupun dalam bidang lapangan pekerjaan. Komunikasi akan lebih banyak lagi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam menggunakan atau mengakses alat komunikasi dan alat kerja yang mutakhir, di bidang akademik kita akan menemukan bahwa bahasa Inggris akan menjadi bahasa pengantar akademik mulai dari pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi karena semua referensi atau buku terkait akan lebih banyak lagi menggunakaan bahasa Inggris, di bidang lapangan pekerjaan akan kita temukan bahwa bahasa Inggris akan menjadi salah satu syarat penting untuk penerimaan staf atau pegawai dan ini akan sangat menyulitkan warga negara Indonesia di Papua yang tidak menguasai Bahasa Inggris minimal dalam bentuk komunikasi sederhana sehingga lapangan pekerjaan harus direlakan kepada orang lain dari luar Papua.
Gambaran situasi di atas diperburuk dengan tidak tersedianya lembaga-lembaga kursus berkualitas yang dapat memberikan kontribusi peningkatan kualitas dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris.
            English Teaching Institute atau Lembaga Pengajaran Bahasa Inggris hadir untuk mengisi kekosongan tersebut dengan sebuah visi memberantas buta bahasa Inggris di tanah Papua demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

2. Sejarah English Teaching Institute

            English Teaching Institute didirikan di Manokwari pada hari Senin tanggal 6 Juli 2015 berdasarkan akte notaris nomor 11 dengan nama lembaga pendidikan: LEMBAGA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS “ENGLISH TEACHING INSTITUTE” yang berkedudukan di Jalan Sujarwo Condronegoro noomor 1 Wosi, kelurahan Wosi, kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.
            English Teaching Institute (ETI) telah mendapatkan kepercayaan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari lewat ijin No. 421 /  655  /  SIP-LPK  /  MKW.2015 tanggal 13 Juli 2015 untuk menyelenggarakan program-program lembaga ini.
            Sejak didirikannya pada tanggal 6 Juli 2015 English Teaching Institute telah menyelenggarakan 4 kali kursus bahasa Inggris untuk masyarakat umum dengan periode waktu sebagai berikut:
General English Course I  3 Agustus s/d 14 Oktober 2015
General English Course II  20 Oktober s/d 10 Desember 2015
General English Course III  8 Januari s/d 11 Maret 2016
General English Course IV  14 Maret s/d 13 Mei 2016
            Jumlah peserta kursus English Teaching Institute adalah sebanyak 100 peserta kursus yang tersebar di berbagai tingkatan kelas mulai dari tingkatan beginners (pemula) sampai dengan low-intermediate (menengah).
            Selain itu English Teaching Institute telah menyelenggarakan kursus bahasa Inggris untuk kepentingan akademik yaitu English for Academic Purposes bagi Dr Johny Kamuru, SH.,M.Si, kepala BPKAD di Kabupaten Sorong untuk mengikuti Kursus Singkat bidang Ekonomi di Universitas Harvard Amerika Serikat yang telah dilaksanakan pada pertengahan bulan November 2015. Materi yang diberikan dalam kursus bahasa Inggris ini lebih dititikberatkan pada kemampuan menyajikan materi dalam situasi kuliah, seminar dan lokakarya dalam bahasa Inggris. Kemampuan komunikasi seperti negosiasi, presentasi ide dan gagasan, serta menyanggah sebuah ide atau gagasan dilatih dalam kursus ini. Output dari kegiatan kursus ini adalah bahwa Dr Johny Kamuru, SH.,M.Si telah berhasil menyelesaikan kuliah singkat dalam bidang Investment Decisions and Behavioral Finance di Harvard University Amerika Serikat dan memperoleh sertifikat kelulusan dari Kennedy School of Government, Harvard University.

3. Azaz dan Tujuan Lembaga

            Lembaga ini berazazkan kepada pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Maksud dan tujuan lembaga ini adalah ikut membantu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan dalam rangka membentuk serta meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan jalan melaksanakan Program Pembelajaran Non Formal (PNF), berupa pembelajaran Life skills yang berorientasi pada Kursus Bahasa Inggris, serta kegiatan lain yang dianggap perlu demi tercapainya maksud dan tujuan lembaga, dalam arti kata seluas-luasnya dengan mengindahkan ketentuan dan peraturan yang berwenang. 

1    4.  Program Pengajaran

A.    General English Course (GEC)

GeneraL English Course adalah Kursus Bahasa Inggris yang disediakan bagi masyaakat baik orang dewasa maupun anak-anak. Disediakan 9 tingkatan kursus mulai dari Beginners (Pemula) sampai dengan Advanced (Lancar).

B.    English for Specific Purposes (ESP)

Progam belajar Bahasa Inggris untuk tujuan-tujuan khusus misalnya English for Tourism, English for Bankbelajar Bahasa Inggris untuk tujuan-tujuan khusus misalnya English for Tourism, English for Bank, English for Government Officers, dan lain-lain. Program ini ditawarkan dalam betuk paket belajar khusus untuk instansi-intansi pemerintah dan lembaga swasta.

C.    English for Academic Purposes

Program Kursus Bahasa Inggris untuk meningkatkan TOEFL dari skor 450 ke 500 dan diatasnya. Program ini dikhususkan bagi peserta yang hendak kuliah ke luar negeri misalnya Australia, Amerika, Canada dan Inggris.

D.    Training of Trainers

Sebuah program khusus untuk meningkatkan kemampuan mengajar dan profesionalisme guru atau tenaga pengajar bahasa Inggris atau peserta yang berminat mengajar bahasa Inggris.

E.     English Workshop

Bengkel Bahasa adalah sebuah program untuk membereskan bahasa Inggris peserta yang rusak-rusak. Penekanan diprioritaskan pada bagian kecakapan bahasa Inggris yang lemah dari peserta khusus misalnya speaking, listening, reading atau writing (macroskills) atau vocabulary, grammar, pronunciation (microskills) dan lain-lain


Sertifikat
Sertifikat akan diberikan kepada peserta yang memiliki catatan perkembangan yang baik dan memenuhi persyaratan lulus pada setiap tingkatan bagi General English maupun untuk Program lainnya.


15. Manajemen dan Staf
English Teaching Institute dikelola oleh SDM handal yang memahami manajemen dan kurikulum pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language) di Indonesia dan diajar oleh staf pengajar bahasa Inggris berkualitas tinggi dibawah bimbingan dan arahan Dr Suriel Mofu,S.Pd., M.Ed.TEFL, M.Phil (Oxon), dosen Universitas Papua, pakar pendidikan bahasa Inggris lulusan University of Sydney Australia dan Oxford University Inggris. Metode yang diterapkan adalah metode komunikatif dengan jumlah peserta terbatas (maksimal 11 orang) yang akan memberikan waktu maksimal kepada peserta untuk belajar, berdialog, berdiskusi dan bekerja secara mandiri dan kelompok sehingga menumbuhkembangkan rasa percaya diri yang tinggi dalam mempergunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Struktur Organisasi English Teaching Institute:

Badan Pengurus:
Direktur                      : Ny Susana Maria Salce Sroyer – Mofu
Sekretaris                    : Rivyelta Astriani Korwa,S.TP
Bendahara                   : Lusinda Mofu
Koordinator Admin    : Januarius Kimko,SS

Staf Pengajar              : Dr Suriel Mofu,S.Pd.,M.Ed.TEFL, M.Phil (Oxon)
                                      Ririe Angganita Namserna,SS
                                      Siriwai Kuwei,S.Pd.
                                      Baselisa Ditilebit
                                      Ramla Bakri
 
6. Fasilitas
1.Tempat belajar yang mudah dijangkau
2. Tiga ruangan kelas
3.  Alat bantu audio-video serta
4. Perpustakaan dan Resource Centre

1 comment: